8 Penyebab Sakit Gigi Selain Gigi Berlubang

Sakit gigi ialah salah 1 aduan kesehatan yang sangat umum di semua dunia. Hampir kebanyakan orang akan alami sakit gigi, sekurang-kurangnya 1 kali dlm hidup mereka.

Walau gigi berlubang ialah peluang paling besar pemicu sakit gigi, itu hanya salah 1 dari beberapa kekuatan pemicu sakit gigi yang mungkin tidak sempat Kamu sadari awal mulanya.

Baca Juga : praktek dokter gigi di palu

Pemicu sakit gigi tidak hanya gigi berlubang
Berikut 8 pemicu sakit gigi sangat umum, sekaligus juga apakah yang dapat Kamu kerjakan untuk menanganinya.

1. Gigi peka
Bila Kamu alami ngilu tajam setiap saat makan atau minum suatu yang panas atau dingin, gigi bolong dapat jadi pemicu sakit gigi Kamu. Namun, ini dapat juga jadi tanda-tanda jika Kamu mungkin mempunyai gigi peka; entahlah itu sebab krisis gusi (garis gusi surut sampai menyebabkan permukaan akar gigi jadi terbuka) atau penipisan enamel gigi. Perawatan gigi, misalnya pengangkatan gigi busuk, pemasangan kawat gigi atau gigi palsu, dapat juga mengakibatkan gigi jadi peka.

Sesaat menanti janji konsultasi dokter gigi untuk pastikan pemicu gigi peka Kamu, pakai sikat gigi lembut serta pasta gigi yang didesain spesial untuk gigi peka untuk menolong memudahkan gejalanya — tidak lebih dari 2 kali satu hari. Atau, pakai pasta gigi menjadi salep dgn mengoleskannya ke ruang gigi yang sakit saat seputar 10 menit (ulangilah bila dibutuhkan). Kamu dapat juga memakai pengobatan penghilang ngilu untuk sesaat menahan perasaan sakitnya.

2. Rutinitas menggeretakkan gigi
Menggeretakkan gigi dengan teratur bisa mengakibatkan rusaknya saraf, yang selanjutnya mengakibatkan aduan sakit gigi Kamu. Banyak orang dapat tidak mengerti mereka lakukan rutinitas ini, terpenting dilakuka waktu tidur. Depresi emosional serta ketegangan ialah pemicu penting rutinitas menggeretakkan gigi. Bila gigi Kamu jadi lebih peka akhir-akhir ini, bertambah kuning atau permukaannya datar, atau Kamu bangun dgn perasaan sakit tumpul di belakang kepala atau rahang, Kamu mungkin menggeretakkan gigi dlm tidur Kamu.

Sekarang ini tidak ada pengobatan yang akan menolong Kamu untuk berhenti geretakkan gigi, tapi dokter gigi bisa memberi seperti retainer (behel lepasan) yang dapat Kamu pakai saat tidur untuk menentramkan tanda-tanda serta hentikan Kamu mengakibatkan rusaknya selanjutnya. Sering rutinitas ini bisa berhenti bersamaan berlalunya penyebab depresi Kamu, hingga Kamu mungkin cuma butuh bersabar.

3. Tumbuh gigi bungsu
Gigi bungsu seringkali tumbuh dlm gaya yang tidak diharapkan atau berdesakan dalam tempat yang sangat ramai, hingga bisa mengakibatkan ngilu berdenyut yang disertai dgn serangan sakit tajam tidak diduga. Mencabut gigi bungsu ialah aksi yang sangat umum dianjurkan oleh dokter gigi, maka bila aduan sakit gigi Kamu selalu menjadi-jadi saat gigi bungsu bertumbuh, buat janji dgn dokter gigi selekasnya mungkin. Sesaat menanti janji cabut gigi, Kamu bisa menahan perasaan sakitnya dgn berkumur air garam atau minum pengobatan penghilang ngilu.

4. Karies gigi
Karies gigi, alias gigi busuk, ialah pemicu sakit gigi yang sangat umum didapati. Rongga kecil pada susunan terluar gigi (enamel) umumnya tidak memunculkan perasaan sakit, tetapi demikian pembusukan menebus lewat e-mail gigi serta merubah lapisa sisi dlm gigi (dentin), gigi bisa menjadi begitu peka. Ini lalu ke arah pada pembentukan lubang gigi.

Dlm karies gigi fase lanjut, pembusukan berjalan lebih dlm kembali, sampai ke susunan terdalam gigi (pulp), yang menyebabkan perasaan sakit intensif yang tajam. Infeksi dari pembusukan gigi ini bisa mengakibatkan kematian gigi serta mengakibatkan abses (penggumpalan nanah) dibawah akar gigi. Infeksi ini bisa menebar serta mengakibatkan rusaknya gigi selanjutnya dan penyakit gusi, jadi terpenting untuk memeriksakan ke dokter gigi secepat-cepatnya agar bisa diatasi lebih awal.

5. Tambalan gigi terlepas
Saat tambalan gigi bolong Kamu longgar atau ada dekat ruang pembusukan gigi baru, tambalan bisa patah, terlepas, atau menjad aus. Kamu kemungkinan alami perasaan sakit tajam yang timbul-tenggelam waktu menggigit ruang itu. Kamu pun mungkin temukan jika ruang gigi yang sakit itu jadi begitu peka.

Tambalan yang copot atau rusak mesti diatasi oleh dokter gigi. Sesaat menanti janji cabut gigi, Kamu bisa menahan perasaan sakitnya dgn berkumur air garam atau minum pengobatan penghilang ngilu.

6. Penyakit gusi
Penyakit gusi pun adalah salah 1 pemicu sakit gigi yang sangat umum. Ini dikarenakan oleh penimbunan plak gigi di seputar gusi. Peradangan yang dikarenakan bakteri dlm plak dapat berasa menyakitkan — menyebabkan gusi membengkak, merah, serta berdarah — serta sesaat pembusukan gigi selalu bersambung, gusi pun bertambah peka. Ini dimaksud dgn gingivitis.

Saat gingivitis tidak diatasi dgn benar, penyakit gusi yang lebih serius dapat mengakibatkan abses (infeksi yang menyebabkan penggumpalan nanah) serta memunculkan perasaan sakit berdenyut tumpul, yang membuat Kamu berbau mulut akut. Ini dimaksud periodontitis. Infeksi ini lalu mengakibatkan kerusakan jaringan lunak serta tulang yang memberi dukungan gigi Kamu. Gusi Kamu mulai surut serta gigi bisa melonggar, hingga butuh dicabut. Sesudah gusi Kamu surut, gusi akan tidak tumbuh kembali.

Infeksi ini bisa menebar serta mengakibatkan rusaknya gigi selanjutnya, jadi terpenting untuk memeriksakan ke dokter gigi secepat-cepatnya agar bisa diatasi lebih awal.

7. Gigi patah/retak
Terkadang, Kamu mungkin alami sakit gigi akan tetapi akar sebabnya tidak jelas didapati. Bahkan juga, sakit gigi tidak datang dari gigi yang bolong atau penyakit gusi spesifik. Sakit gigi tiada fakta jelas yang memunculkan perasaan sakit tumpul bisa mengisyaratkan gigi Kamu retak atau patah, yang mungkin sangat kecil agar bisa disaksikan oleh mata telanjang.

Keretakan gigi mungkin berlangsung sebab rutinitas kunyah yang jelek, menggeretakkan gigi, cedera gigi, melemahnya gigi sebab tambalan besar, dan lain-lain. Saat retakannya kronis, saraf yang mungkin terserang dapat menimbukan perasaan nyeri yang menyakitkan. Retakan gigi bisa jadi pilihan tempat bakteri bergabung hingga membuat infeksi yang mengakibatkan rusaknya serta permasalahan gigi selanjutnya.

8. Pemicu sakit gigi yang lebih jarang
Bila Kamu belakangan ini alami cedera pada persendian penyambung rahang serta tengkorak kepala (persendian temporomandibular), Kamu mungkin bisa rasakan perasaan sakit tumpul serta mendesak. Trauma rahang ini dapat juga dikarenakan oleh rutinitas menggeretakkan gigi, arthritis, atau kanker mulut yang merubah rahang.

Salah 1 pemicu sakit gigi yang kurang umum, akan tetapi pun sama utamanya untuk ialah sinusitis. Gigi belakang sisi atas Kamu share saraf yang sama dgn rongga sinus. Mengakibatkan, perasaan sakit yang ada mungkin bisa dikarenakan oleh gigi, atau demikian sebaliknya. Sakit gigi karena sinus ini umumnya dibarengi/didahului oleh hidung yang terhalang, serta ngilu di seputar rongga hidung.

Bila Kamu menyangka salah 1 dari fakta diatas ialah pemicu sakit gigi Kamu, datangi dokter untuk diagnosis serta perawatan yang lebih tepat.
https://goo.gl/maps/hz9bGU9BSf62

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mencegah Darah Tinggi (Hipertensi)

penjelasan Ganggang merah, atau Rhodophyta

manfaat madu asli bagi kesehatan